Sehubungan dengan beredarnya kabar melalui media sosial tentang masalah terkait pilot penerbangan Citilink Indonesia QG800 pada tanggal 28 Desember 2016 yang sempat menyebabkan keterlambatan penerbangan rute Surabaya-Jakarta itu, ada klarifikasi yang disampaikan oleh pihak Citilink.

“Benar terjadi keterlambatan penerbangan QG800 Citilink Indonesia rute Surabaya–Jakarta pada tanggal 28 Desember 2016 selama 65 menit, dijadwalkan berangkat pukul 05.15 diundur menjadi pukul 06.20. Kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan dan ketidaknyamanan yang dialami oleh seluruh penumpang penerbangan Citilink Indonesia QG800 tanggal 28 Desember 2016,” kata Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia, Benny S. Butarbutar di Jakarta, Rabu (28/12).

Tentang dugaan bahwa pilot berada dalam kondisi mabuk saat bertugas belum terbukti benar, Benny mengatakan, “Pilot yang bersangkutan telah dibawa ke klinik kesehatan bandara untuk melakukan tes urin dan tes fisik awal dan hasilnya dinyatakan negatif. Selain itu, manajemen Citilink akan memanggil pilot yang bersangkutan untuk menjalankan pemeriksaan medis lengkap di Balai Kesehatan Penerbangan di Jakarta.”

Adapun mengenai pilot yang berbicara tidak jelas saat melakukan welcome announcement, menurut Benny, itu disebabkan pilot menyadari tindakannya yang tidak profesional karena datang agak terlambat.

Melihat kondisi tersebut dan untuk menjaga agar tidak terjadi delay panjang dalam peak season ini, maka pada saat itu Citilink memutuskan untuk mengganti pilot tersebut dan melanjutkan penerbangan QG800 dari Surabaya menuju Jakarta.

“Citilink akan menyusuri lebih lanjut mengenai dugaan insiden ini, termasuk track record dan rekam medis pilot yang bersangkutan. Manajemen Citilink Indonesia juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penumpang atas perhatiannya kepada penerbangan Citlink Indonesia,” kata Benny.

Setelah penerbangan QG800 dijalankan pada pukul 06.20 WIB, seluruh penumpang yang berjumlah 154 orang beserta seluruh kru yang bertugas telah mendarat dengan selamat di Jakarta.

FOTO: dok. Citilink Indonesia