Ada yang istimewa dalam acara Mozilla Firefox 4 Launch Party di Surabaya pada Rabu, 4 Mei 2011 lalu. Selain dihadiri langsung oleh 3 orang dari kantor pusat Mozilla di Amerika Serikat dan 2 orang perwakilan dari komunitas Mozilla Indonesia, perayaan kehadirannya di Surabaya juga ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilanjutkan dengan menikmati hidangan berupa jajanan pasar tradisional.

Pemotongan tumpeng oleh David Mandelin (JS Engineer Firefox). FOTO: Benny Chandra.

Pemotongan tumpeng diawali oleh David Mandelin, Java Script Engineer Firefox, yang kemudian menyerahkan potongan tumpeng itu kepada Yofie Setiawan, perwakilan Komunitas Mozilla Indonesia. Dua orang Mozilla lainnya, David Anderson (Java Script Engineer Firefox) dan Joshua Aas (Mac Platform Firefox Developer) juga turut memotong tumpeng untuk diserahkan kepada perwakilan komunitas yang hadir dalam acara yang diadakan di BG Junction, Surabaya mulai jam 6 sore itu.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Selanjutnya, para peserta dipersilakan menikmati sajian berbagai jajanan pasar yang disediakan. Tampak orang-orang yang hadir sangat menikmatinya. Bahkan ketiga orang dari kantor pusat Mozilla tersebut juga terlihat sangat tertarik dan penasaran dengan menu tradisional yang disajikan pada malam itu.

Usai sesi makan-makan, acara disambung lagi dengan presentasi dari Yofie Setiawan yang kemudian dilanjutkan dengan tampilnya David Mandelin, David Anderson, dan Joshua Aas yang secara bergantian mengenalkan secara singkat soal Firefox 4 di depan peserta yang berjumlah sekitar 175 orang. Sebelumnya, di awal acara, tampil juga Ivan Sielegar dari komunitas suWec dengan materi mengenai “User Interface dan Browser”.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Dalam sesi tanya-jawab, antusiasme peserta terlihat cukup tinggi. Waktu sekitar 30 menit yang diberikan terasa kurang cukup untuk menampung berbagai pertanyaan yang diajukan. Akhirnya, acara yang merupakan rangkaian dari Mozilla Firefox 4 Launch Party #browserrakyat di Indonesia diakhiri dengan pemutaran video singkat mengenai maskot Firefox.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

Di pintu keluar, para peserta dibagikan SWAG berupa Mozilla Firefox sweatband dan paper toy maskot lokal Mozilla Firefox.

Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya
Firefox 4 Launch Party @ BG Junction Surabaya

FOTO-FOTO: BENNY CHANDRA.