Sebuah pameran foto istimewa asal Prancis sedang berkeliling menyinggahi beberapa negara di Asia. Pameran fotografi kolektif bertajuk “100 x France” ini telah menjelajahi beberapa negara. Di antaranya Kamboja, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Di Indonesia, beberapa kota telah disinggahi. Yaitu Jogjakarta (18-30 November 2008), Jakarta (1-15 Desember 2008), Bandung (16 – 23 Desember 2008), dan Denpasar (26 Des 2008 – 8 Januari 2009). Kota berikutnya adalah Surabaya. Setelah itu, pameran akan dilanjutkan ke Taiwan dan Jepang.

Pameran ini menelusuri kembali evolusi dunia fotografi melalui karya-karya fotografer besar Prancis, baik yang ternama maupun anonim. Di bawah pimpinan Sophie Schmit selaku kurator, ”100 x France” menampilkan sebuah foto dari setiap fotografer, sebanyak 100 foto dicetak secara modern, bekerjasama dengan beberapa institusi penting Prancis seperti Bibliothèque Nationale de France (Perpustakaan Nasional Prancis), musée d’Orsay (Museum Orsay), Centre Georges Pompidou (Perpustakaan Georges Pompidou), Jacques Henri Lartigue Donation, École national supérieure des beaux–arts (Sekolah Tinggi Seni Rupa Nasional), dan para fotografer sendiri atau pemegang hak cipta foto tersebut.

Di Surabaya, pameran “100xFrance” akan diselenggarakan pada 12 – 23 Januari 2009 secara bersamaan di Galeri CCCL Pusat Kebudayaan Prancis dan Galeri Seni House of Sampoerna.