Bagi penggemar novel serial Supernova karangan Dewi Lestari yang sudah berharap episode Partikel bakal dirilis tahun 2007 ini, silakan bersabar. Pasalnya, hingga saat ini, proses penulisan novel itu belum ada tanda-tanda segera selesai dalam waktu dekat.

Partikel masih dalam pembuatan. Masih jauh. He he he… ,” ungkap Dewi Lestari dalam sebuah perbincangan dengan Sembarang.com di Surabaya belum lama ini.

Lebih lanjut, penulis kelahiran 20 Januari 1976 itu mengatakan, “Masih jauh karena sekarang aku konsentrasi dulu ke Rectoverso. Rectoverso itu kumpulan cerpen dan lagu. Ini proyek eksperimentalku sih. Cerpennya dibuat dari lirik lagu.”

Wah, Partikel ditunda sampai tahun depan dong? “Partikel iya. Saya sih kepinginnya selesai Partikel, saya langsung ngerjain Gelombang. Jadi, gak mau nunggu,” kata Dee, panggilan Dewi Lestari, yang merasa jadi agak susah mengatur waktu untuk menulis novel semenjak punya anak.

Soal apa yang akan diceritakan dalam Supernova: Partikel, Dee sedikit membocorkan. “Kebanyakan sih tentang isu lingkungan. Tokoh kali ini adalah seorang fotografer yang juga pecinta lingkungan. Aku juga sekaligus menitipkan pesan-pesanku soal lingkungan,” ujar Dee yang juga sedang bersiap-siap meluncurkan situs web resminya.